Definisi Mahasiswa


Seorang mahasiswa wajib dituntut siap pakai dalam dunia usaha
Istilah atau definisi mahasiswa diambil dari suku kata pembentuknya yaitu Maha yang artinya paling tinggi, dan Siswa yang artinya pelajar, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa berarti pelajar yang memiliki tingkatan paling tinggi derajatnya.

Sebagai seorang pelajar yang memiliki tingkatan paling tinggi, mahasiswa dituntut memiliki kemampuan serta keahlian yang lebih baik di bidangnya agar memiliki daya saing yang tinggi dan terarah di dunia usaha maupun wirausaha.

Lantas apa yang diharapkan dari seorang mahasiswa ?

Bila kita melihat status dan derajatnya tentu kita sudah bisa membayangkan apa yang mereka lakukan nantinya harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kepentingan banyak orang khususnya diri sendiri serta mampu menjadi jembatan bagi orang-orang yang berada di bawahnya.

Sesuai dengan tingkatan stratanya yaitu S1, seorang mahasiswa dituntut mampu untuk memahami suatu konsep, dapat memetakan permasalahan dan memilih solusi terbaik untuk permasalahan tersebut sesuai dengan pemahaman yang didalaminya. Untuk S2, seorang mahasiswa dituntut untuk mampu merumuskan sesuatu yang berguna atau bernilai lebih  dibidangnya. Sedangkan untuk tingkatan S3 seorang mahasiswa dituntut mampu menyumbang ilmu baru bagi bidangnya.

Dari semua strata yang ada, terdapat beberapa hal yang wajib di perlihatkan secara konsisten oleh seorang mahasiswa dalam melihat suatu permasalahan, baik itu berupa analisa, pemikiran maupun produk yang mana kesemuanya itu dapat merumuskan suatu solusi atau pemecahan bagi masalah yang sedang dihadapi serta dapat dipertanggung jawabkan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...